Assalamualaikum,

Perkenalkanlah nama saya Sukarjo, lahir, Cilacap, domisili Bandung, komp. Bumiharapan , Cibiru, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Di blog ini saya akan mencoba membagi pengalaman saya selaku praktisi yang bekerja di bidang produksi meter air dari tahun 1990, dan saya juga ada sedikit pengalaman untuk di ceritakan di blog ini mengenai cara – cara mendesaind dan membuat alat – alat uji meter air yang dipakai di Lab Penguji Meter air yang insya alloh akan mendekai kesesuaian yang di tetapkan oleh Pemerintah dalam hal SNI Wajib Meter Air.

Sebelum memualai, alangkah baiknya saya mengulas sedikit pengertian SNI yang saya sadur dari Sumber. http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-standar-nasional-indonesia.html

Pengertian Standar Nasional Indonesia (SNI), adalah standar yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional dan berlaku secara nasional.

Penerapan SNI bagi semua bentuk kegiatan dan produk berlaku di seluruh wilayah RI dan bersifat sukarela.Dalam hal berkaitan dengan keselamatan, keamanan, kesehatan, pelestarian fungsi lingkungan hidup dan/atau pertimbangan ekonomi dapat diberlakukan wajib oleh instansi teknis yang terkait. Mengenai tata cara pemberlakuan SNI wajib diatur dengan Keputusan Pimpinan Instansi Teknis

Tujuan Pada dasarnya, semua bentuk kegiatan, jasa dan produk yang tidak memenuhi ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI) diperbolehkan dan tidak dilarang.Meskipun begitu, kita juga tahu agar produk dalam negeri bisa bersaing secara sehat di dunia internasional maka sangatlah diperlukan penerapan SNI.Pemberlakuan SNI terhadap semua bentuk kegiatan dan produk dimaksudkan untuk melindungi kepentingan umum, keamanan negara, perkembangan ekonomi nasional dan pelestarian fungsi lingkungan hidup.Andaikata SNI ini diterapkan oleh semua bentuk kegiatan dan produk maka sangatlah mendukung percepatan kemajuan di negeri ini.Seperti halnya di negara-negara eropa yang produk- produknya memenuhi standar nasional bahkan internasional.

Dengan adanya standardisasi nasional maka akan ada acuan tunggal dalam mengukur mutu produk dan atau jasa di dalam perdagangan, yaitu Standar Nasional Indonesia, sehingga dapat meningkatkan perlindungan kepada konsumen,    pelaku    usaha,    tenaga    kerja,    dan    masyarakat    lainnya   baik untukkeselamatan, keamanan, kesehatan maupun pelestarian fungsi lingkunganhidup.

Ruang Lingkup Di dalam Peraturan Pemerintah RI No. 102 Tahun 2000 berisi tentang Standardisasi Nasional Pasal 2 mengenai ruang lingkup dari  Standardisasi nasional adalah mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan:

  • Metroligi teknik
  • Mutu
  • Standar
  • Pengujian

 

Sistem Penerapan SNI

Penerapan SNI bagi semua bentuk kegiatan dan produk berlaku di seluruh wilayah RI dan bersifat sukarela.Dalam hal berkaitan dengan keselamatan, keamanan, kesehatan, pelestarian fungsi lingkungan hidup dan/atau pertimbangan ekonomi dapat diberlakukan wajib oleh instansi teknis yang terkait

Di blog ini akan saya ceritakan mengernai 13 parameter SNI Wajib yang di persyaratkan oleh Pemerintah. ( SNI 2547:2008 )